75 % All Spanish Final di Europa League

AZ Alkmaar Valencia Europa League

Jika ada yang berkata bahwa sekarang kiblat sepakbola adalah Spanyol bukan lagi Brazil, mungkin itu ada benarnya. Di kompetisi Eropa berbagai level tampaknya mereka kembali mendominasi setelah tiga dari empat tiket semifinal Europa League diraih oleh tim-tim Spanyol.

Valencia sebagai salah satu kandidat semifinal yang punya kans paling tipis karena menelan kekalahan di kandang AZ Alkmaar, ternyata sanggup bangkit dan membantai mereka 4-0 di Mestalla. Dengan ini, tiga wakil Spanyol lolos ke semifinal dan melebarkan kans untuk final sesama Spanyol seperti prediksi sebelumnya.  Tiga tim lain yang lolos adalah Atlethic Bilbao, Atletico Madrid, dan satu wakil Portugal, Sporting Lisbon.

Adil Rami mencetak dua gol yang membenamkan semangat AZ Alkmaar hanya dalam waktu 16 menit. Di babak kedua, Jodi Alba dan Pablo Hernandez menambah pahit tim tamu dengan gol-gol di menit 56 dan 80.  Terhitung ada 14 serangan yang dilakukan Valencia dengan 8 di antaranya mengarah ke gawang.

Di pertandingan lain, Althetic Bilbao yang tampak digdaya di ajang ini dipaksa imbang oleh Schalke di kandang. Schalke yang dikalahkan di kandang sendiri memang belum menyerah. Sempat unggul dua kali lewat Raul dan Huntelaar, akhirnya mereka tidak sanggup mengejar agregat dua gol demi tiket ke semifinal. Satu tiket lain yang diraih Atletico Madrid diraih juga dengan meyakinkan, menang 2-1 di kandang Hannover.

Satu tiket sisa yang diperebutkan oleh dua tim bukan dari Spanyol diraih Sporting Lisbon setelah menahan imbang Metalist Kharkiv dari Ukraina. Hasil 1-1 cukup untuk mereka menantang tim-tim Spanyol setelah mereka mengalahkan Metalist Kharkiv di kandang mereka 2-1.

Lihat Statistik Lengkap di Sini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s