The Premier League akan Meluncurkan Liga U21 di 2013/2014

Manchester City

Kunci dari sebuah prestasi di dunia sepakbola adalah pembinaan. Liga Inggris sedang mencari cara untuk mengatasi problem jam terbang bagi pemain muda yang sekaligus menaikkan kemampuan bermain. Salah satunya adalah sebuah format liga bagi pemain U21.

Liga Inggris memiliki berbagai lapis liga. Selain liga utama yaitu EPL, tim-tim tersebut juga menjalani pertandingan non-resmi untuk pemain cadangan atau reserve team competition. Namun, di dua musim berikut, pengelola liga berencana untuk mengubah pola ini dan membuat kompetisi atau liga khusus untuk pemain berusia di bawah 21. Konsep liga ini sudah disetujui oleh klub-klub liga primer dan rencananya ini akan dimulai di musim 2013/2014.

Kompetisi U21 ini memang ditujukan untuk menambah jam terbang bagi pemain berusia di bawah 21 yang tidak mendapat tempat di tim utama. Jadwalnya sendiri akan dibuat di akhir pekan, namun setelah pertandingan tim senior dilangsungkan. Jadi, bagi mereka yang duduk di bangku cadangan atau hanya bermain beberapa menit bisa bertanding. Adanya liga ini juga menaikkan jam terbang para pemain muda sekaligus menjaga kebugaran dan bisa digunakan sewaktu-waktu apabila tim utama sedang kekurangan stok pemain. Tujuan liga ini sendiri memang untuk mengatasi keluhan bahwa banyak pemain debutan liga yang masih mudah membutuhkan banyak jam bertanding.

Ide soal liga khusus untuk non pemain utama memang sudah didengungkan sejak lama. Liga untuk pemain cadangan atau Premier Reserve League memang sudah ada tapi dianggap tidak memadai dan tidak kompetitif lagi. Liga yang dibagi menjadi dua, divisi utara dan divisi selatan, semakin hari semakin tidak menarik. Beberapa tim seperti Tottenham Hotspurs dan Manchester City bahkan memutuskan untuk tidak terlibat lagi. Andre Villas-Boas mantan manager Chelsea bahkan mengkritik dengan mengatakan bahwa tim cadangan butuh dimainkan di sebuah liga. David Moyes sendiri bahkan punya rencana untuk membuat Everton B dan menyisipkan tim tersebut di divisi lain, seperti yang dilakukan tim-tim Spanyol.

Sementara keputusan untuk membuat liga U21 sudah dikeluarkan, tugas berikut adalah mencari kesempatan komersial untuk liga ini. Tidak mudah untuk mencari sponsor yang mau mendukung liga U21 karena konsentrasi biasanya lebih ke tim utama. Premier Reserves League sendiri minim perhatian, dan ini adalah tantangan panitia liga. Mereka akan berkaca ke European NextGen Tournament yang diikuti Manchester City Elite Development Squad (sebutan untuk tim cadangan mereka), di mana juara terakhir adalah Internazionale. Turnamen ini bisa dikatakan sukses.

Selain liga U21, panitia liga juga berencana untuk mengusulkan liga U18 secara nasional. Liga ini akan dibuat dengan format yang lebih kompetitif dan tentu menaikkan daya saing dan kesempatan bermain bagi pemain muda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s