Sempat Tertinggal, Liverpool Pastikan Tiket ke Final

Duet Suarez dan Carroll tentukan kemenangan Liverpool

Kenny Dalgish boleh bernafas lega. Setelah dikritik karena pembeliannya dianggap tidak efektif, lalu berita mundurnya Comolli, kemenangan atas Everton di semifinal memberi semangat tambahan dan kepercayaan untukknya.

Siapa menyangka seorang striker utama yang golnya masih hitungan jari musim ini bisa menjadi penentu kemenangan di dua pertandingan terakhir Liverpool. Andy Carroll, Si Pemain berambut kuncir ini memang lagi hangat. Habis memberi gol kemenangan lawan Blackburn, kembali Andy Carroll bikin Liverpool bernafas lega. Sepanjang pertandingan banyak membuang peluang, akhirnya dia bisa memberi sebuah kemenangan dengan gol simpel tapi maut. Dengan mengalahkan Everton 2-1, maka tim ini berhak mendapat tiket ke final Piala FA.

Liverpool boleh berantakan di liga. Raihan gol dan jumlah poin mereka tidak sebanding dengan bujet yang keluar untuk pemain. Namun, di ajang turnamen, Liverpool masih yang terbaik. Dengan Piala Liga sudah diraih, Liverpool tinggal selangkah merebut Piala FA. Sempat ketinggalan 0-1 di babak pertama lewat gol Nikica Jelavic. Kesalahan bek Everton, Sylvian Distin, membuat Luiz Suarez mampu merebut dan dengan leluasa menyamakan kedudukan. Andy Carroll yang dibeli pada jeda transfer yang sama dengan Luiz Suarez, memberi satu gol lagi di menit ke-87.

Praktis Everton memang selalu kesulitan jika bertemu rivalnya. Laga di New Wembley ini sendiri merupakan yang pertama di stadion New Wembley. Untuk statistik di luar tempat netral, terakhir Everton menang ketika mereka bermain di kandang tahun 2010. Di Anfield mereka bisa mengalahkan Liverpool terakhir adalah tahun 1999. Dengan gagalnya Everton mengalahkan Liverpool, maka mereka gagal mengulang prestasi mereka ke final Piala FA seperti tahun 2009. Catatan ini juga membuat rekor Everton ternoda, karena dalam enam semifinal terakhir yang mereka hadapi di Piala FA, semuanya selalu menang.

Kemangan Liverpool ini menjadi modal semangat mereka menuju final. Di final mereka akan ditunggu antara Chelsea atau Tottenham Hotspurs. Dalam sejarah, Liverpool tidak pernah menang di final jika mengalahkan Everton di semifinal. Terakhir mereka dikalahkan Manchester United di final 1977 dan ditundukkan Arsenal di final 1950 dan 1971. Jika menjadi juara, ini merupakan catatan terbaik Liverpool setelah puasa gelar sejak merengkuh Piala FA di 2006 dan diakhiri dengan Piala Liga di tahun ini.

One thought on “Sempat Tertinggal, Liverpool Pastikan Tiket ke Final

  1. Pingback: Tottenham Hotspurs dan Barcelona, Ujian Terberat Roberto Di Matteo | skorsepakbola

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s