Gol Tunggal Didier Drogba Benamkan Barcelona

Didier Drogba Chelsea Barcelona

Barcelona memang titan sepakbola, tapi bukan berarti tidak terkalahkan. Chelsea kembali menjadi rintangan bagi klub katalan ini setelah berhasil memanfaatkan laga kandang mereka.

Barcelona boleh disebut sebagai tim terkuat di dunia. Namun, jika bermain di Inggris, mereka lebih banyak mengalami nasib yang tidak baik. Terakhir mereka menang melawan tim Inggris di tandang adalah ketika mengalahkan Liverpool 1-0 di Anfield 2006/2007. Final musim lalu yang digelar di Wembley tidak dihitung karena dianggap laga netral. Kembali Barcelona mendapat nasib buruk di musim ini setelah mereka menelan kekalahan dari Chelsea di Stamford Bridge.

Pertandingan Chelsea atas Barcelona sebenarnya terlihat tidak seimbang. Barcelona begitu menguasai pertandingan, dengan 72% menguasai bola. Praktis Chelsea lebih banyak bertahan. Namun, hasil akhir yang memberi nilai untuk tim yang menang. Dengan unggul satu gol, Chelsea sudah mengantongi kelebihan dibanding Barcelona. Gol itu pun hanya satu-satunya peluang yang didapat Chelsea, dan dengan peluang yang terkonversi jadi gol itu Barcelona pulang dari London dengan tangan hampa. Statistik dan formasi lengkap.

Proses gol Chelsea berlangsung amat menarik. Saat Barcelona sedang asiknya menyerang, Lampard merebut bola akibat kesalahan yang dilakukan Lionel Messi. Dengan cepat dia melakukan umpan cerdik ke sisi kiri penyerangan, diterima Ramires dan dibawa lari hingga ke bagian sayap dekat kotak pinalti. Ramires lalu mengumpan ke Drogba yang berdiri cukup bebas karena Mascherano tidak melakukan marking dengan sempurna. Tanpa basa-basi, Didier Drogba langsung melesakkan gol.

Di babak kedua, Chelsea lalu lebih banyak memainkan sepakbola yang cenderung difensif. Baiknya, pertahanan itu dilakukan dengan amat baik. Strategi ini seperti menjadi pola untuk meredam permainan Barcelona. Manchester United pernah melakukannya di tahun 2008 di semifinal. Chelsea ketika ditangani Gus Hiddink juga melakukan permainan sejenis. Walau sudah ada template untuk mematahkan serangan Barcelona, tetapi menerapkannya tidak mudah karena meredam Barcelona butuh pengalaman, disiplin, dan kekuatan tim yang solid.

One thought on “Gol Tunggal Didier Drogba Benamkan Barcelona

  1. Pingback: Semifinal Europa League: Langkah Pertama Demi All Spanish Final | skorsepakbola

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s