Pep Guardiola Memutuskan untuk Mundur Sebagai Pelatih Barcelona

Kepergian Pep Guardiola dari Barcelona ternyata menunggu waktu saja. Dikabarkan bahwa dalam waktu kurang dari 24 jam Pep akan mengumumkan ini secara resmi dan memberitahukan ke publik perihal alasannya dan akan kemana dia setelah ini. Pep sendiri sudah menyatakan tidak akan memperpanjang kontraknya kepada Sandro Rosell, presiden klub Barcelona. Hal ini merupakan dampak dari gagalnya Barcelona memberikan gelar di dua ajang bergengsi, La Liga dan UEFA Champions League dan salah satu musim tergagal Guardiola dibandingkan musim-musim sebelumnya yang bertabur gelar. Selain kepada Rosell, Pep juga sudah mengutarakan niatnya ini kepada para pemain di latihan hari ini.

Selama membesut Barcelona, Pep memang merupakan pelatih dengan gelar paling banyak dalam hitungan singkat. Dalam empat tahun dia sudah mempersembahkan 13 gelar juara, termasuk trebel sensasional di tahun 2009. Sebagai pelatih muda, bahkan pelatih kaliber lain seperti Alex Ferguson atau Jose Mourinho sulit menyamai rekornya. Pep juga berjasa memanfaatkan potensi yang ada di Barcelona termasuk membuat Lionel Messi semakin hebat. Hal yang tidak bisa Messi tampilkan di timnas Argentina.

Sebagai pelatih yang bertangan dingin, Pep memang tidak pernah menandatangani kontrak kepelatihan lebih dari setahun. Dia selalu memperbarui di tiap akhir musim, sehingga sudah sejak lama diprediksikan bahwa Pep akan pergi dalam waktu yang singkat. Di bulan November, dia juga disebutkan telah berbicara soal ini kepada director of football Barcelona, Andoni Zubizarreta. Dia berkata bahwa dia tidak sanggup meneruskan musim sebagai pelatih dan memilih istirahat.

Kepergian Guardiola bakal memancing spekulasi dan prediksi sepakbola. Roman Abramovich dikabarkan sangat tertarik untuk merekrut Pep, setelah kegagalannya bekerja sama dengan Andre-Villas Boas. Selain itu, dia juga disebut merupakan sosok yang pas untuk menggantikan Sir Alex Ferguson ketika dia pensiun nanti. Tidak hanya itu, FA bahkan dikabarkan menarik pernyataannya soal pelatih Inggris yang harus berkebangsaan Inggris dan sedang menjajaki untuk merekrut Guardiola.

Rilis lengkap akan diumumkan hari ini.

Prediksi dan statistik Sepakbola

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s