Indonesia Bersiap Hadapi Filipina “The Azkals” demi Naikkan Peringkat

Okto Maniani melawan Azkals

Indonesia termasuk tim kuat di Asia Tenggara. Filipina sebaliknya tidak begitu mentereng prestasinya untuk sepakbola. Namun, beberapa waktu terakhir pasukan Younghousband dan kawan-kawan memang sedang naik daun dan bisa menjegal Indonesia.

Indonesia patut waspada melawan The Azkals. Tim yang tadinya bukan apa-apa di tingkat Asia Tenggara ini memang sedang naik daun. Filipina yang lebih getol mengikuti berita basket ketimbang sepakbola memang boleh bangga dengan tim yang dijuluki The Azkals tersebut. Tim ini telah meraih juara ketiga untuk AFC Challenge Cup 2012. Turnamen ini sebenarnya turnamen untuk tim nasional tier ketiga AFC. Namun, tim yang tadinya tidak ngeh soal sepakbola bisa jadi urutan ketiga sudah meruapan prestasi. Apalagi, juaranya sendiri adalah Korea Utara yang notabene kontestan Piala Dunia 2010.

Secara peringkat, Indonesia sendiri per April 2012 memiliki peringkat di bawah Filipina. Indonesia di no 151 sedangkan Filipina di no 148. Ini merupakan sebuah kejutan, karena nyaris tidak pernah Filipina melampaui Indonesia. Maka dari itu, pertandingan persahabatan ini menjadi penting, karena merupakan satu cara untuk Indonesia memperbaiki peringkat. Disebutkan oleh Bernard Limbong, meski hanya persahabatan namun pertandingan ini tetap masuk agenda FIFA dan mendapatkan poin.

Skuad Indonesia sendiri kemungkinan besar akan memakai pemain yang tidak jauh berbeda dengan skuad yang bermain melawan Inter Milan. Tiga pemain dipastikan digunakan seperti Titus Bonai, Oktavianus Maniani, dan Patrich Wanggai. Sedangkan lainnya seperti Irfan Bachdim, Diego Michiels, dan Ferdinand Sinaga kemungkinan juga akan dipanggil. Akan ada 20 pemain yang dipanggil dan mereka akan mulai berlatih pada tanggal 31 Mei 2012 besok. Tim nasional akan berangkat pada tanggal 3 Juni 2012. Pertandingannya sendiri dilaksanakan di Rizal Stadium, Manila pada pukul 19.00 waktu setempat pada tanggal 5 Juni 2012.

Early odds EURO 2012

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s