Suporter Irlandia yang Tak Terlupakan

Sudah beberapa hari berlalu dari tersisihnya timnas Republik Irlandia dari turnamen Euro 2012. Besar kemungkinan kini skuad mereka sudah kembali ke tanah air dengan tertunduk lesu dan malas menyetel televisi untuk melihat ajang terus berlangsung makin seru tanpa mereka di sana.

Namun, bisa jadi hal yang sebaliknya yang terjadi. Mereka masih sanggup tegak berdiri mengangkat kepala sejak meninggalkan stadion hingga kembali ke negara asal. Hal ini bukan tidak mungkin dengan adanya para pendukung yang selalu setia merangkul dan membesarkan hati mereka.

Siapa yang tidak ingat adegan heroik dari massa pendukung Irlandia saat sang tim jagoan tersudut dengan gol bertubi-tubi dari Spanyol pada pertandingan 15 Juni kemarin? Sepuluh menit sebelum peluit panjang berbunyi, dengan skor 4-0 untuk La Furia Roja, lautan penonton yang mayoritas berbaju hijau secara kompak bernyanyi. Ya, bukannya pergi meninggalkan stadion, mereka justru  menyanyikan secara lantang lagu “The Field of Athenry” untuk menunjukkan dukungannya yang tak tergerus kekalahan.

Momen yang luar biasa ini tak hanya diingat oleh penonton lainnya tapi juga membekas di ingatan tim lainnya di ajang yang sama. Baru-baru ini pelatih Ukraina, Oleg Blokhin, meminta suporter negaranya untuk belajar dari tindakan para pendukung Irlandia. Blokhin kesal lantaran para pendukung Ukraina malah mencemooh timnya saat menghadapi kekalahan lawan Prancis.

“Jika tim bermain baik, Anda mendukung mereka. Jika tim tidak bermain baik, bagaimana pun juga Anda harus tetap mendukung mereka. Kami merasa seperti, jika kami menang, semua baik-baik saja. Namun, jika beberapa hal memburuk, semua orang layak ditembak. Sayalah yang bertanggung jawab, bersiullah kepada saya, bukan kepada pemain. Mereka sudah melakukan yang terbaik,” ujarnya dengan jengkel.

Bagaimana dengan suporter kita? Sanggupkah kita mendukung timnas dengan besar hati seperti yang dilakukan suporter Irlandia?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s