YANN M’VILA, Tumpuan Harapan Baru Tim Ayam Jantan

Setelah era Patrick Vieira, praktis Prancis tak mempunyai seorang gelandang jangkar yang mumpuni. Awalnya Abou Diaby dipercaya bisa menggantikan peran Vieira di lini tengah Prancis, tetapi lambat laun performanya dianggap menurun dan seringnya cedera membuat Diaby tak bisa berbuat banyak di klub maupun timnas.

Saat ini Prancis boleh berharap bicara banyak di EURO 2012, pemuda 21 tahun bernama Yann M’Vila dipercaya bisa menjadi jangkar dari tim Ayam Jantan Prancis. Banyak juga yang menyamakan permainan M’Vila seperti Claude Makelele yang juga mantan pemain timnas Prancis. Menuai banyak pujian tak lantas membuat Martin berbesar kepala. Martin diperkirakan akan dipercaya pelatih Prancis Laurent Blanc untuk mengisi skuad utama Prancis bersama Franck Ribery dan Sammir Nasri di lini tengah.

Prestasi M’Vila di level klub memang hampir tidak ada, tetapi performanya di setiap pertandingan sangat stabil. Ia dikenal akan kemampuan passing bola dan presisi secara visual yang mantap. Sudah 8 tahun M’Vila membela Rennes. Kabarnya setelah EURO nanti M’Vila akan hengkang ke klub yang lebih besar demi masa depan karier yang lebih cemerlang.  Sudah banyak klub yang menyatakan ketertarikannya merekrut pemain berusia 21 tahun ini. Soal prestasi, M’Vila memang terhitung jarang mencetak gol mengingat posisinya adalah gelandang bertahan, tetapi tak jarang M’Vila membantu serangan untuk timnya. Ia seringkali menjadi playmaker dari tengah lapangan dan menyusun serangan dari belakang. Tak heran ia berkali-kali dipercaya menjadi kapten tim semasa karier juniornya.


Saat ini M’Vila dikabarkan cedera, dan semua mengharapkannya segera pulih dan segera bermain membela Prancis di EURO 2012. Tampaknya harapan itu akan terpenuhi, hanya saja M’Vila tidak akan turun dalam laga perdana Prancis lawan Inggris pada tanggal 11 Juni 2012.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s