Prediksi Semifinal EURO 2012: Spanyol vs Portugal

Babak semifinal di gelaran Euro 2012 dibuka dengan bertemunya Spanyol dan Portugal. Dua-duanya sama-sama berkelas dan dijagokan. Masing-masing pun memiliki taktik yang berbeda. Siapa yang diprediksi jadi pemenang?

Dengan skor 2-0 melawan Prancis, Spanyol membuktikan ketangguhan formasi 4-6-0. Formasi ini akan terfokus pada kekuatan lini tengah, jadi tak perlu menggantungkan diri pada siapapun secara spesifik. Para gelandang yang diturunkan pun jelas berkualitas. Hanya saja, Del Bosque tidak terlalu ketat dalam menyusun strategi. Ia cenderung tak memiliki rencana cadangan jika diperlukan.

Sementara itu di barisan Portugal, banyak pemain cemerlang namun tampaknya mereka cenderung mengandalkan Ronaldo sambil mengetatkan deretan pertahanan. Paulo Bento menerima banyak kritik soal pola permainan ini namun tidak ada yang bisa memungkiri bahwa taktik itulah yang sukses bawa Portugal ke babak ini.

Sejauh ini Spanyol masih jadi favorit para suporter. Mereka belum kalah dalam 18 pertandingan. Apakah Portugal perlu jadi pesimis? Nampaknya tidak karena pada pertemuan terakhir mereka di November 2010, Portugal menundukkan Spanyol dengan angka telak 4-0.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s