“Joachim Low Tak Akan Mengundurkan Diri”

Mantan pelatih timnas Jerman, Jurgen Klinsmann yakin Joachim Low, pelatih Jerman sekarang, tidak akan meninggalkan anak-anak asuhnya meski mereka baru saja terpukul oleh kekalahan di semifinal Euro 2012.

“Joachim Low tak akan menyerah, saya yakin itu,” kata Klinsman. Ia yakin timnas Jerman masih memegang banyak harapan. “Tim ini (Jerman) belum memaksimalkan potensi yang mereka miliki sekarang dan masih ada ruang untuk berkembang. Mereka adalah tim termuda di turnamen ini dan bahkan akan kedatangan banyak pemain yang lebih muda.”

Sebagai seorang pelatih profesional, ia mengerti bagaimana seringnya pelatih yang dituding sebagai penyebab kekalahan. “Jelas bahwa keputusan pelatih tidak selalu membawa pada kesuksesan. Keputusan pelatih sebelum pertandingan bukannya tanpa perhitungan. Namun bukan berarti jadi jaminan kemenangan.”

Soal kekalahan, Klinsmann mengingatkan bahwa ini adalah bagian dari karier pesepakbola maupun pelatih. “Tidak ada pemain yang tidak melewati tahap ini. Terkadang kita harus memberi ucapan selamat pada tim yang lebih baik. Ini adalah fakta,” tutupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s