Review Pertandingan: Indonesia v Australia

Kualifikasi Grup E Piala Asia untuk usia dibawah 22 tahun telah digelar 5 Juli 2012. Indonesia selaku tuan rumah justru ditundukkan oleh tim tamu Australia dengan skor tipis 1-0 lewat gol dari Anthony Prola di akhir babak pertama memanfaatkan bola sepak pojok. Di pertandingan lain, Jepang mampu menghancurkan Macau 6 gol tanpa balas dan Singapura berhasil mengalahkan Timor Leste 2-1.

Saat timnas Indonesia U-22 melawan Australia U-22, Andik Vermansyah dkk sebenarnya memberikan perlawanan yang sengit kepada Australia, namun sayang penyelesaian akhir masih menjadi kendala. Beberapa peluang tidak mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Hendra Bayaw maupun Andik. Tampil dengan skuad terbaiknya, Indonesia bermain dengan tiga penyerang sekaligus namun justru Australia yang memegang kendali permainan dan Indonesia hanya mampu melakukan serangan balik. Beberapa kali serangan Indonesia mengancam gawang Australia namun tidak ada satupun yang membuahkan gol. Begitu pun dengan tim lawan yang serangannya selalu dipatahkan oleh penjaga gawang Indonesia, Ajisaka yang bermain begitu gemilang. Kedua tim saling jual beli serangan, Indonesia mengandalkan kecepatan dari para pemain sedangkan Aussie mengandalkan operan pendek. Terlalu banyak tenaga yang dikeluarkan membuat stamina dan konsentrasi pemain Indonesia turun dan harus dibayar mahal oleh gol Anthony Prola lewat sundulannya dari umpan sepak pojok di sisa beberapa detik babak pertama.

Memasuki babak kedua tidak banyak perubahan yang dilakukan kedua tim. Australia masih mengendalikan jalannya pertandingan dan mengandalkan umpan pendek namun masih sulit menembus pertahanan Indonesia. Di kubu Indonesia masih mengandalkan Andik untuk melakukan serangan balik lewat kecepatannya, namun monotonnya variasi serangan Indonesia mudah dipatahkan Australia. Hingga di sisa waktu babak kedua, Indonesia masih berupaya menyamakan kedudukan. Namun hingga peluit akhir dibunyikan skor masih tidak berubah 1-0 untuk keunggulan Australia atas Indonesia.

Kalah atas Australia di kualifikasi Grup E Piala Asia U-22, tim Merah Putih masih berpeluang lolos ke babak berikut. Masih ada empat laga yang masih akan dimainkan, yaitu menghadapi Singapura, Timor Leste, Macau dan Jepang. Sabtu ini Indonesia akan menghadapi tim non unggulan Timor Leste, dan jika ingin lolos, Timor Leste adalah lawan pertama yang harus dikalahkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s