Kejutan dari Jepang di Sepak Bola Olimpiade 2012

 

Juara Piala Dunia dan dua kali berturut-turut Piala Eropa, Spanyol, tidak meraih hasil menggembirakan di Olimpiade London 2012. Mereka justru ditekuk oleh tim underdog yang tidak disangka-sangka sebelumnya, Jepang.

Bukan hanya menang 1-0 atas Spanyol yang membawa mereka lolos penyisihan grup D, Jepang juga mencetak hasil yang sama saat melawan Maroko dan seri tanpa gol lawan Honduras. Di semifinal, mereka tampil semakin kompak dan membabat Mesir dengan skor 3-0. Meningkatnya kualitas permainan mereka bisa jadi karena sebagian pemainnya sudah terlatih di liga Eropa, contohnya Yuki Otsu yang bermain di klub Borussia Monchengladbach.

Kejayaan juga dirasakan pada tim sepak bola wanita asal negeri Matahari Terbit ini. Ekspektasi mereka memenangi medali emas pun meningkat, apalagi mengingat mereka adalah juara Piala Dunia sepak bola wanita di Jerman tahun lalu.

Di samping sepak bola, Jepang bersinar di beberapa cabang lain di London. Mereka sudah mengamankan dua medali emas, yaitu dari judo wanita kelas 57 kg dan all-around gymnastics. Namun kekecewaan dirasakan saat gagal raih emas untuk pertama kalinya di judo pria.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s