Benfica – Barcelona: Duel Klasik Antar Negara Tetangga

Terakhir kali Benfica dan Barcelona bertemu, yaitu di UEFA Cup 2011, kemenangan 2-0 direbut oleh sang klub dari Spanyol. Uniknya, pemenang dari duel ini selalu memenangkan Piala Eropa (Champion) setelahnya. Mitos ini dimulai sejak Benfica berada di asuhan Bela Gutman di tahun 1961. Namun, dalam 30 tahun terakhir, klub Portugal ini belum pernah berhasil menekuk Barca dalam pertandingan kandang. Apakah dalam laga hari ini mereka akan mematahkan sejarah itu?

Duet Nemanja Matic dan Enzo Perez dipersiapkan untuk jadi tumpuan Benfica kali ini. Sang striker andalan, Oscar Cardozo, harus absen karena cedera otot. Kemungkinan, posisinya akan digantikan oleh Rodrigo Lima yang memukau sang manajer, Jorge Jesus, dengan penampilannya melawan Pacos Ferreira akhir pekan lalu. Di baris pertahanan, kita pun tak akan melihat Luisao yang sedang dalam masa percobaan dua bulan akibat mendorong wasit di laga persahabatan pramusim. Odds Bagus Liga Champion.

Barcelona pun mengalami absen pemain inti, Thiago Alcantara, yang ligament lututnya sobek saat menghadapi Sevilla Sabtu lalu. Gerard Pique juga belum dapat berapartisipasi di lapangan karena masih dalam tahap pemulihan. Namun, kabar baik bagi Tito Vilanova, pemain-pemain seperti Carlos Puyol, Andres Iniesta, dan Adriano lolos tes kesehatan dan sudah bergabung dalam latihan pada hari Minggu.

Meski nama Benfica belum sebesar Barcelona, bukan berarti mereka lawan yang dapat dianggap enteng. Saat ini, Benfica sedang memimpin klasemen utama Portugal dan sempat menahan Celtic seri tanpa gol di putaran pertama Liga Champions. Di liga masing-masing, mereka pun masih berjaya tanpa kekalahan satu pun. Dengan keduanya akan berusaha mempertahankan catatan kemenangan, pertandingan ini diprediksi berlangsung ketat. Pasang taruhan bola liga besar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s