El Clasico: Permainan Cantik dan Situasi Politik

Apa yang seru dari bertemunya dua klub terbesar di salah satu liga terbaik di Eropa? Pertandingan cantik di lapangan yang mencuri perhatian serta hasil yang sulit sekali diprediksi adalah alasan-alasan big match selalu ditunggu. Tak terkecuali untuk El Clasico yang akan digelar pada hari Minggu (7/10) ini. Meski ini bukan kali pertama mereka berhadapan di musim ini, hingar-bingar dukungan tetap tak memudar.

Kali ini Barca yang akan menerima Madrid di kandangnya. Di pertandingan serupa sebelumnya di Supercopa Spanyol, sang tuan rumah berhasil unggul. Sebaliknya, di kompetisi yang sama, Madrid menekuk Barca yang sedang bertanding tandang. Di Liga Champions, keduanya sama-sama bersinar. Mengingat kali ini adalah pertemuan pertama mereka di liga, diperkirakan permainan akan lebih tajam, apalagi dengan selisih delapan poin Barcelona di atas Real Madrid dalam klasemen. Poin yang diperebutkan akan berpengaruh banyak bagi masing-masing tim. Ini juga jadi pertaruhan Tito Vilanova untuk mempertahankan torehan 100% kemenangan di liga. Odds bagus Liga Besar Eropa.

Di laga kali ini, Barcelona tampil tanpa Carlos Puyol sang kapten yang mengalami luka serius di siku. Posisinya digantikan Alex Song yang akan kembali berduet dengan Javier Mascherano yang akan mengisi pos Gerard Pique yang kemungkinan belum pulih benar. Setelah hampir setahun absen karena kaki patah, David Villa bisa jadi akan turut bermain walau tidak untuk waktu penuh. Begitu pun dengan Iniesta yang harus berhati-hati semenjak cederanya baru-baru ini. Padahal kemampuannya akan sangat membantu The Catalans dalam pertandingan penting seperti ini.

Musim ini, diakui bahwa Real Madrid merangkak agak lambat di klasemen. Cuma memenangkan sepuluh poin dari 18 yang mungkin, menempatkan mereka di nomor urut enam dalam tabel. Di pertandingan kandang, mereka sanggup tampil cemerlang namun kesulitan saat berkunjung ke kandang lawan seperti di Bernabeu sebelumnya. Dengan kondisi seperti ini, El Clasico kali ini jadi tantangan lebih bagi mereka. Untuk starter, diperkirakan Sami Khedira dan Angel Di Maria akan diturunkan. Namun memilih peran playmaker antara Mesut Oezil, Luka Modric, Kaka, dan Michael Essien jadi dilema tersendiri bagi Mourinho. Semenjak kemenangan telak 4-1 dari Ajax, Kaka terlihat lebih banyak diberi porsi di lapangan oleh sang pelatih. Odds bagus Liga Amerika dan Asia.

Tak cuma terhitung penting dalam sejarah sepak bola, El Clasico kali ini akan diwarnai situasi politik. Mengikuti rentetan kejadian politis di Spanyol, puluhan ribu fans Barca di Nou Camp, kemungkinan mencapai 96 ribu orang, akan secara serentak mengangkat bendera Catalan sebagai aksi dukungan pemisahan diri untuk menjadi negara independen. Dengan lawan klub asal Madrid yang mewakili Spanyol sebagai ibukota, waktu ini dirasa sangat tepat.

 

Prediksi pemain:

FC Barcelona (4-3-3): Valdes; Alves, Mascherano, Song, Alba; Xavi, Busquets, Cesc; Messi, Pedro, Tello.

Real Madrid (4-2-3-1): Casillas; Arbeloa, Ramos, Pepe, Coentrao; Alonso, Khedira; Ozil, Di Maria, Ronaldo; Benzema

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s