Kepolisian Ikut Investigasi Dugaan Rasisme Mark Clattenberg

Riuhnya kondisi lapangan saat laga Manchester United melawan Chelsea minggu lalu kini turut ditangani oleh kepolisian. Pihak Metropolitan Police Service (MPS) menggelar pemeriksaan terkait tuduhan komentar berbau rasis yang dilontarkan wasit Mark Clattenburg pada pemain The Blues. Federasi sepak bola Inggris (FA)sendiri telah memulai investigasi lebih dahulu.

Campur tangannya MPS pada kasus ini dinyatakan bukan atas permintaan FA atau Chelsea, namun dari komplain Peter Herbert, ketua Lembaga Pengacara Kulit Hitam, yang diterima kepolisian tertanggal 29 Oktober 2012.

Herbert mengaku tidak berada di lokasi atau mendengar langsung pernyataan bernada rasis Clattenburg namun tak butuh hal itu untuk melaporkan insiden tersebut. Alasannya melibatkan kepolisian dalam kasus ini adalah, “Kami tidak ingin hal ini dilupakan begitu saja. Kasus ini harus dibuatkan investigasi penuh dan memadai. Ini kasus yang serius dan cukup mengganggu soal apa yang terjadi dalam sepak bola.” Odds Liga Inggris dan Liga Eropa lainnya.

MPS sendiri bekerja sama dengan FA dan pihak Stamford Bridge dalam penyelidikannya. Secara resmi, MPS mengonfirmasi, “Saat ini, MPS belum menerima komplain apa pun baik itu dari Chelsea Football Club, ataupun dari Football Association. Kami terus bekerja sama dengan Chelsea Football Club dan Football Association untuk mempertimbangkan tudingan yang dibuat terkait insiden yang dilaporkan tersebut.”

Selain dugaan komentar rasis, Mark Clattenburg juga disorot akibat caranya menengahi pertandingan di Stamford Bridge pada Sabtu kemarin. Keputusannya memberikan kartu kuning kedua untuk Fernando Torres dan mengesahkan gol berbau offside dari Javier Hernandez mengundang banyak kritik dan protes. Liga Inggris seru, odds-nya lebih seru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s